Sabtu, 28 Oktober 2017

CARA MEMBUAT MIDI DENGAN YAMAHA PSR SERI E







Sesuai judul diatas, disini kita akan membahas bagaimana cara membuat file midi. File midi biasa dibuat untuk keperluan karaoke. Jadi kita bisa menyanyi tanpa harus memainkan keyboard lagi. Juga bisa membuat musik sendiri sesuai keinginan kita.


Misalnya kita mepunyai lagu sendiri atau ciptaan kita sendiri. Kita bisa mengaransemen musiknya sendiri sesuai keinginan kita.


Baik, kita mulai saja.
Pertama kita tekan tombol SONG. arahkan ke cursornya ke bagian User. Terserah mau ke User berapa MIDI yang akan kita buat. 
Untuk membuat MIDI pada PSR SERI E  terdapat 5 chanel yang akan kita isi atau kita rekam. 

Sekarang kita boleh mulai merekam dari chanel 1. Terserah saja mulai dari chanel brapa aja boleh.
Disini saya contohkan mulai dari chanel 1. Pertama kita tentukan tempo lagu yang akan kita buat. Contoh MIDI yang akan kita buat bertempo 70. Kita tekan saja tombol TEMPO dan atur ke 70.

Setelah itu kita tentukan VOICE apa yang pertama akan kita rekam. Misalnya akan kita rekam adalah VOICE PIANO.
Kita tekan saja VOICE dan cari PIANO. Setelah itu kita siap untuk merekam PIANO tadi.

Untuk memulai merekam aktifkan metronom agar kita tidak lepas dari tempo yang kita atur tadi. Setelah metronom bunyi,
Tekan dan tahan tombol REC diikuti dengan menekan chanel 1.




Setelah itu tekan tombol SYN/START. Tombol start saja juga boleh. Stelah itu langsung saja rekam permainan PIANO nya. Setelah dianggap sudah cukup tekan Tombol START/STOP dan keyboard akan loading dan menyimpan data yang kita rekam tadi.

Untuk menambah voice lainnya, caranya sama saja seperti kita merekam chanel 1 tadi. Tiggal mencari voice yang kita inginkan dan rekam di chanel chanel berikutnya.

Begitu lah kira kira bagaimana cara membuat MIDI DENGAN YAMAHA PSR SERI E. Selamat berkreasi dengan musik buatan kita sendiri 😀😀😀😀
Semoga Berhasilll......