Senin, 30 Oktober 2017

MEMINDAHKAN FILE MIDI KE FLASHDISK








MEMINDAHKAN FILE MIDI KE FLASHDISK

Tentu kita bertanya tanya bagimana cara memindahkan file MIDI buatan kita. Misalnya kita ingin memindahkannya ke komputer atau ke smarphone agar kita bisa dengan mudah mendengarkannya. Atau bahkan ingin membagikannya dengan teman atu membagikannya  di media sosial.


Caranya mudah saja, kita cukup sediakan FLASHDISK. Saran saya usahakan FLASHDISK kosong atau FLASHDISK yang tidak terlalu banyak berisi file atau data agar mudah diproses.

Setelah FLASHDISK tersedia, kita pasang pada port yang sudah tersedia pada KEYBOARD PSR SERI E punya kita.





Kemudian tekan dan tahan tombol FUNCTION lalu tekan kategori untuk mencari menu SAVE SMF. Setelah SAVE SMF ketemu, tekan OK atau YES dan pilih USER atau MIDI mana yang akan kita simpan di FLASHDISK. Lalu tekan lagi Ok atau YES untuk memproses penyimpanan ke FLASDISK.

Biasanya nanti file MIDI itu akan bernama SONG dan waktu pemindahan ke FLASHDISK namanya tidak bisa diganti. Nanti setelah kita pindah ke komputer atau smarphone, kita bisa bebas mengganti nama file MIDI tersebut.

Sekarang kita bisa menikmati file MIDI kita di smartphone atau komputer. Juga kita bisa mengeditnya lagi dengan komputer bila kita mau. Tentunya dengan bantuan software.

Sekian dulu semoga bermanfaat...